Kamis, 29 September 2016

Apa Itu VCC Serta Apa Fungsinya?


Apa Itu VCC Serta Apa Fungsinya?

Untuk Anda yang senang dengan aktifitas bisnis online, maybi.. tidaklah asing untuk mendengar ungkapan VCC. VCC merupakan sebuah alat belanja online yang ringan yang simple dan praktis, tanpa memakai kartu kredit. Untuk lebih detailnya, bagaimanasih sebenarnya cara kerja VCC itu? VCC adalah sebuah singkatan dari virtual Credit Card atau Kartu Kredit Virtual. VCC adalah solusi yang tidak begitu rumit untuk pemakainya. Ingin tau bagaimana sebenarnya cara kerja VCC secara detail. Yaps, capcus baca yah tulisan selanjutnya.

Kartu yang sedang kita bahas kali ini, hampir mirip dengan Kartu Kredit VCC. Yang pada intinya, isi dalam kartu tersebut hanyalah nomer kartu, nama, tanggal kadaluarsa serta data � data lainnya. Dalam dunianya orang Teknik Informatika, kartu tersebut sedang ashik � ashik diperbincangkan terlebih khusus untuk para blogger dari masing � masing komunitas/daerah.

Penggunaan kartu VCC, pastinya akan lebih memberikan keamanan dan kenyamanan untuk pemakainya. Selain itu, VCC merupakan solusi untuk pembelanjaan secara online. Atau melakukan proses verifikasi akun secara online,tanpa dengan memakai kartu kredit. Akan tetapi, sebenarnya bisa juga sih dengan menggunakan kartu kredit. Yang tujuan adalah untuk melindungi kartu kredit si pemakai, melindungi pemakai agar tetap terjaga semua data � data yang ada pada disk kartu kredit tersebut.
VCC terbagi menjadi beberapa jenis, tergantung masa kadaluarsanya. Ada yang 1 tahun, 2 tahun bahkan sampai 8 tahun, dan yang paling sedikit ada yang empat bulan. Akan tetapi, banyak juga dipakai VCC yang telah habis masa aktifnya. Beberapa fungsi VCC yang lumayan banyak, yang diantaranya yaitu :

  • Verivikasi Akun
  • Sarana untuk pembelian barang
  • Sarana pembelian domain
  • Sarana pembelian software berbayar
  • Sarana belanja online

jadi pada intinya, peran penting VCC adalah sebagai alat untk melakukan aktiftas belanja secara online, dalam melakukan transaksi pembayaran.
Selain sebagai alat untuk pembelian secara online. Maka VCC juga sangat memiliki manfaat, bagi Anda yang telah mendaftarkan diri pada akun paypal, lebih dari satu. Jika memang menginginkan kartu kredit, untuk sipemakai, hanya bisa dimiliki untuk satu akun. Namun lain cerita, dimana pemilik kartu kredit tersebut memiliki kartu VCC, maka bisa dibuat beberapa akun untuk akun paypal.

Kegunaan lain dari VCC yakni memberikan proteksi kepada data � data, dari pihak yang tidak bisa dipercaya, sebagai misal yang telah disebutkan sebelumnya. Tatkala melakukan sebuah transaksi dalam pembayaran, pastinya akan diminta untuk mengisi form, yang berkaitan dengan data � data pribadi yang asli. Untuk yang demikian ini tentu dapat beresiko bagi pemakainya. Ada banyak dari beberapa oknum oknum yang tidak bertanggung jawab, yang dapat menyalah gunakan data � data milik sipemakai. Untuk pemakaian VCC, tidak diwajibkan untuk mengisikan data � data milik pendaftar. Demikian artikel ini, semoga dapat menjadi tambahan ilmu dan selamat sukses selalu. Sukrooon�� (y)

Selasa, 27 September 2016

10 Sebab yang Mempengaruhi Pendapatan Adsense

10 Sebab yang Mempengaruhi Pendapatan Adsense

Sebelum saya jelaskan 10 penyebab yang memberikan pengaruh terhadap Google Adsense, maka akan saya jelaskan terlebih dahulu apa sih sebenarnya Google Adsense itu?
Adsense merupakan suatu penghubung (media) iklan yang gratis, yang tidak kalah menariknya dengan Chitika dll. Tidak perlu berpusing ria untuk mencari pendapatan yang optimal, cukup Anda siapkan blog yang sesuai dengan kebijakan, dan kemudian daftarkan  blog yang telah siap pada Adsense.

Walau hanya bermodalkan blog dan sedikit bisa nulis, bisa juga untuk nambah popularitas, uang jajan dan lain sebagainya. Belum lagi kalau sudah memasang domain, SEO ON PAGE dan SEO yang OFF PAGE, pastinya akan lebih menarik untuk sebuah proses yang baru � baru saja dilakukan pada  Adsense. Tapi jujur kalau boleh saya katakan dalam tulisan ini, Media periklanan Adsense adalah yang paling efektif dalam memberi penghasilan kepada publishernya.
      
Untuk mengambil hasil kerja dengan Google Adsense adalah bukan masalah yang sepele, paling tidak harus adanya upaya untuk meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan harus juga tahan cemoohan oleh tetangga, karena dirasa kurangnya ada jiwa sosial. Yang paling penting untuk versinya orang Indonesia harus pintar � pintar management waktu. Ada beberapa sebab/faktor yang memberikan pengaruh terhadap Google Adsense, yakni :


Jumlah Pengunjung

      Pengunjung yang membaca produk entah berupa tulisan, video, gambar dan lain sebagainya, yang sangat beragam sumber asal mereka,dengan begitu maka mereka tidaklah secara langsung menemukan situs/blog yang dibuat, bisa ada yang bertemu lewat jejaringan sosial (Facebook, Twitter, BBM, Whatshap dll). Selain itu ada juga pengunjung yang datang pada backlink yang dipasang pada komentar artikel, atau yang lebih hebat lagi pengungunjung yang datang karena telah terdaftar pada mesin pencarian sebagai misal (Google, Yahoo, Amazon dll).

Dengan semakin banyaknya jumlah pengunjung yang datang untuk melihat � lihat produk yang telah di tempatkan pada situs/blog, maka kesempatan untuk mendapatkan klik dari pengjung akan semakin banyak. Dengan bahasanya orang Standup Comedian mengatakan �Semakin banyak pengunjunng maka berbanding lurus dengan jumlah klik yang diperoleh oleh publisher Google Adsense�.


Jenis Pengunjung

Untuk mendapatkan pengunjung yang sangat baik untuk penghasilan, yang paling baik di utamakan pengunjung yang organik. Untuk jenis pengunjung ini berpengaruh berat dengan CPC (Cost Per Click) pada Google Adsense. Untuk value CPC yang besar, dapat diperoleh pada mesin pencarian (Google, Yahoo, Bing dll). Oleh sebab itu, rajin rajinlah bagi para pemilik blog/situs, yang sudah dirawat bertahun � tahun, haruslah ada upaya untuk melakukan optimasi entah berupa SEO On page dan SEO Off page.


  
Bahasa yang dipakai pada artikel situs/blog

Bahasa yang digunakan untuk artikel merupakan salah satu yang menjadi daya tarik pengujung agar mau untuk membaca dan dapat mengaplikasikan apa yang telah dibaca. Selain itu, bahasa artikel yang menjadikan tolak ukur besar atau kecilnya value Cost Per Click (CPC) Google Adsense. Pastinya, bahasa internasional (ingris) akan lebih naik perolehan uangnya dibanding dengan bahasa nasiaonal/tradisional.

Mengapa demikian? Karena bahasalah yang menentukan target pengunjung. Dengan bahasa internasional, maka bisa mendatangkan pengunjung dari negara- negara maju. Sebagai misal  Jerman, Kanada, Amerika Srikat, Jepang dll. Permasalahannya bukan hanya sekedar itu,pengunjung juga mempengaruhi iklan yang akan ditampilkan pada situs/blog.

Jika pengunjungnya dari Negara Indonsia, maka nilai klik pada suatu/beberapa iklan yang ditampilkan, akan lebih kecil dibandingkan dengan iklan yang ditampilkan untuk pengunjung luar negri. Sebagai contoh USA, Jerman, Jepang, Malaisia dll. Kenapa demikian? karena disesuaikan dengan nilai matauang negara sipengunjung tersebut. Menurut informasi yang telah saya dapatkan dari beberapa referensi, bahwa nilai klik yang dilakukan oleh pengujung luarnegri, bisa sampai $10 atau malah bahkan bisa sampai $100/klik.


Niche Blog

Tolak ukur besar atau kecilnya nilai CPC Adsense, akan sangat memberikan pengaruh pada artikel yang dibuat. Iklan milik Adsense, yang diletakan pada situs/blog akan mengikuti konten atau artikel secara menyeluruh. Oleh sebab itu, untuk memperoleh nilai yang tinggi pada Cost Per Click (CPC) bisa dibaca pada artikel yang setelahnya. By the way, untuk masalah iklan yang diberikan  oleh Google Adsense, tidak semua dari publisher Adsense tau persis berapa besar kecilnya nilai yang diberikan. 


Jika memang ingin terfocus pada Adsense, maka carilah niche blog yang benar � benar memiliki nilai CPC tinggi. Dengan begitu, penghasilan untuk maisng � masing iklan akan semakin besar.

Lokasi iklan ditempatkan

Penempatan iklan yang mudah dilihat oleh pengunjung, akan memberikan keuntungan. Untuk yang demikian itu, dimanakah letak penepatan iklan Google Adsense yang terbaik? Pada teori Adsense, telah dikenal dengan penamaan heat map, yakni
sebuah titik titik tertentu pada blog/situs yang memperoleh perhatian visitor.     Tatkala sang pemiliki situs/blog telah meletakan iklan pada tempat yang menjadi perhatian pengunjung, maka akan berbanding tinggi dengan jumlah klik iklan Adsense yang dimiliki.   


Top Level Domain  (TLD) Situs

TLD yang masuk dalam 10 faktor yang mempengaruhi Adsense (.com, .org, .co.id, dll) untuk Adsense akan sangat berpengaruh besar, dibandingkan dengan  situs yang gratisan sebagai misal blogspot, wordpres dll. Dan ini telah menjadi pengalaman untuk para publisher Adsense yang menggeluti dunia website. Jika memang telah banyak membaca refensi yang berkaitan dengan ilmu untuk membentuk blog/situs, maka cobalah untuk menambahakan Top Level Domain agar lebih maximal dalam SEO ON PAGE, OFF PAGE dan peraihan hasil pada Adsense.

   

Bounce Out Rate

Bounce out rate merupakan sebuah ukuran pengunjung lama yang tidak muncul pada blog/situs. Semakin visitor berlama � lama pada situs, itu tandanya akan semakin kecil Bounce Out Rate, namuns sebaliknya jika memang pengunjung hanya sebentar melihat � lihat bog/situs yang disediakan, maka Bounce Out Rate akan besar. Tugas pemilik blog adalah memperkecil bounce out Rate, karena semakin kecil bounce out rate maka akan semakin memperbesal  nilai CPC pada situs/blog.


Jumlah dan jenis iklan dalam satu unit halaman

Google Adsense memberikan izin untuk memasang paling tidak 3 iklan pada satu halaman. Dengan banyaknya iklan yang dipasang maka akan berbanding tinggi pendapatan yang akan diperoleh. Apabila pengunjung sudah mulai banyak yang diluar  batas maksimum pada umumnya, maka coba untuk memperkecil jumlah ukuran yang dipasang. Karena, semakin kecil jumlah iklan yang terpasang akan menentukan CPC. Sebaiknya memilih iklan yang menyajikan gambar dan text dengan ukuran iklan  yang banyak di sukai oleh pengunjung. Banyaknya pengunjung  maka iklan Adsense yang dipasang pada situs/blog akan memiliki nilai CPC yang lebih baik.


Kata kunci (keyword) dan kualitas pada artikel

Untuk memperoleh nilai adsense, harus perhatikan betul isi artikel. Untuk dapati nilai Adsense yang bermacam � maca dan baik, seharusnya buat sebuaha rtikel yang panjang, memiliki kualitas, dan benar � benar padat akan informasi. Dengan begitu maka kesempatan untuk mendapatkan iklan dengan Cost per clik yang tinggi akan semakin membaik.

Loading Situs/blog

Loading Blog atau situs, merupakan salah satu yang diperhitungkan pada SEO. Dengan cepat loading blog, maka kesempatan artikel untuk dicari oleh pengunjung pada mesin pencarian akan semakin mudah. Loading blog benar � benar menjadi kunci sukses dalam search engine.

Senin, 26 September 2016

Apa yang Disebut dengan Google Adsense


          Google Adsense merupakan bentuk kerjasama periklanan yang berwadah pada media internet. Milik bentukan Google. Dengan periklanan yang dibuat oleh Google ini, seorang yang telah membentuk web dengan melalui pendaftaran yang syah dan diapprove keanggotaannya, dibolehkan untuk pasang iklan, dengan pola dan materi yang telah disepakati oleh tim Google tepatnya di halaman web yang dibuat.

Setiap kepemilikan situs/blog yang disana ditempatkannya iklan, tentu akan dapati keuntungan bagi hasil dari Google Adsense untuk setiap iklan yang ditekan oleh visitors. Dan sistem penekanan/klik pada iklan tersebut yakni (ppc) pay per click. (referense : wikipedia).

Metode kerja Google Adsense

Sebenarnya Google Adsense yang sedang Anda pelajari ini, tidaklah serumit yang dibayangkan. Penerbit Adsense yang telah disepakati oleh Google, akan sangat diperbolehkan untuk menempatkan iklan pada situs/blog yang dibuat dan bila memang benar � benar hobi upload video pada Youtube, bisa diletakan pada tempat yang telah disediakan pada sistem Youtube. Mantep tuh�
Tim Google akan memberikan bayaran dengan jumlah klik untuk iklan yang berkaitan dengan pembiayaan untuk masing -masing klik iklan. Dan teori ini disebut juga dengan Cost Per Click (CPC). Umumnya, hasil yang diberikan kepada pemilik situs/blog berbentuk uang dolar dan akan dibayarkan dengan metode yang Google telah paparkan dalam tutorial � tutorialnya. 
 
Tips dan Trik Menjadi Anggota Google Adsense

Menjadi sepantasnya Google Adsense diharuskan untuk melakukan pendaftaran dan yang menjadi syarat syahnya menjadi anggota Adsense adalah pertama harus memiliki halaman blog/situs. Untuk hal ini, saya mengayatakan gampang � gampang, tapan susah. Yah, menyesuaikan dengan dengan situs/blog yang didaftarkan. Umumnya, Tim Adsense akan melakukan aktifitas riview blog yang didaftarkan. Saya yang pernah merasakan, bahwa riview terjadi dari 4 � 7 hari. Sampai diterimanya blog yang didaftarkan, maka pangkat Anda akan naik dan bertambah. (Ma�ruf Falah Publisher GA) Selain itu, tidak sedikit juga yang ditolak dan ditendang secara kasar karena tidak paham aturan pada Google Adsense (GA). So, untuk masuk dalam dunia Google Adsense harus pelajari dulu sebanyak � banyak, pada banyak referensi.

Setelah diterima Google Adsense, terus mau apa?

Bila memang telah diberikan peluang untuk menjadi publisherNya, maka secara pasti akan diberikan akun yang betul � betul khusus, yang nantinya bisa bersambung dengan situs/blog yang dibuat. Dalam Akun yang telah terintegrasikan dengan blog/situs, tentunya akan disediakan beragam iklan, lebih tepatnya bisa sampai lebih dari 7 unit perhari.

Untuk memasang iklan Adsense bisa langsung melalui blog, bila memang situs yang dibuat adalah blog, atau bisa juga dengan mengambil kode iklan pada akun Adsense kemudian diletakan pada lokasi yang dirasa pengungjung bisa melihat dan mengeklik.
Tugas akhir setelah pemasanga iklan, adalah mendatangkan pengunjung yang natural (organik) sebanyak mungkin. Because, semakin banyak pengunjung maka berbanding lurus dengan tingkat keuntungan yang didapat.jangan sekalipun menekan iklan yang sedang ditayangkan (klik yang ilegal) jika tindakan tersebut terjadi, bisa dipungkiri bahwa akun Google Adsense yang didaftarkan terkena Banned.



Minggu, 25 September 2016

Memilih Niche Blog yang tepat untuk Google AdSense

Memilih Niche Blog yang tepat untuk Google AdSense

         Dalam melakukan monetisasi Google Adsense pastinya seorang user Adsense akan memilih Niche Blog yang paling tepat. Dalam dunia maya (Internet), tidak sedikit peluang untuk mendapatkan banyak uang. Yang menjadi salah satunya adalah dengan menciptakan blog yang tidak berbayar. Untuk menerima uang, pada blog yang tidak berbayar pastinya tidak hanya sekeder bacaan semata. Telah banyak ratusan blogger yang mau untuk meninggalkan pekerjaan ofline, fulltime blogger karena melihat keuntungannya.

Dengan mengamati para blogger, yang menjadi latar belakang user untuk membuat blog. Salah satunya hanya sekedar iseng - iseng karna pingin coba - coba. kemudian ada juga yang ingin membagi ilmu kepada para pembaca. Ada juga yang hanya hobi dan ingin dikenal karena tulisan artikel, yang pastinya agar blog memiliki sebuah tujuan agar bisa dimonetisasi, dan yang lainnya juga si yang menjadi permasalahan orang tersebut menciptakan sebuah/beberapa blog. 

Yang menjadi promise dalam pembuatan blog agar bisa di monetisasi, dengan kata lain blog itu dipersiapkan agar dapat menghasilkan uang. Sebaiknya, persiapkan segala dari apa yang menjadi kebutuhan, dari awal hingga terwujudnya tujuan utama blogger, membuat blog secara penuh/maksimal.

METODE MEMILIH NICHE BLOG YANG SESUAI DENGAN ADSENSE

Ada beberapa metode yang dapat dipertimbangkan tatkala hendak akan membentuk sebuah blog yang ideal, agar bisa di monetisasi yang terlebih khusus dengan memakai Google Adsense :

A. PERHATIKAN NAMA DOMAIN BLOG

Sangat perlu menjadi perhatian, bahwa Adsense adalah salah satu penghubung periklanan yang paling terkenal , yang sudah pasti memebrikan pembayaran kepada publishernya dengan sangat administratif. Pada saat membentuk blog yang difungsikan untuk meraih keuntungan (uang), haruslah publisher Adsense segera mendaftarkan diri agar dari pihak Google Adsense dapat segera mereview blog yang dibuat. kemudia juga perhatikan nama- nama domain blog, yang  jika memang tidak diperhatikan akan timbul masalah.

Yang sudah menjadi kebijakan - kebijakan Adsense maka kerjakanlah dan memang ada yang dilarang maka pastinya tinggalkan. Aturan kebijakan Adsense memang begitu rumit, tapi inilah sebuah konsekuensi bila memang ingin bekerjasama dengan pihak Google. Jangan menggukan kata - kata yang tidak relevan dengan aturan mereka.

Kemudian bagaimana sih sebenarnya nama domain yang menjadi kebijakan Adsense? Yang menjadi kebenaran nama domain bisa disesuaikan dengan selera user. Namun, yang menjadi permasalahan adalah pada saat hendak menguangkan  blog/stus dengan menggunkaan Adsense, jangan sesekali menempatkan nama domain yang didalamnya tercantum kata - kata yang tidak diperbolehkan, serta yang tidak sesaui dengan aturan yang telah diberikan oleh Adsense.

 Sebagai contoh ungkapan - ungkapan yang dilarang  dan tidak sesusai dengan aturan Adsense yaitu : 1. kata/sebuah ungkapan yang mengandung unsur pornografi. 2. Obat - obatan yang dilarang. 3. kata - kata dengan jenis hacker, dan yang menjadi persamaan kata dengan hacker.
Pembuatan nama domain, sebaiknya memeliki hubungan dengan niche blog yang dibuat, dengan begitu nama untuk domain bisa menjadi kekuatan dalam menduduki peringkat pada mesin pencarian. Domain adalah salah satu elemen pada Google yang menjadi penyebab utama terhadap peringkat halaman dalam daftar pencarian.

PILIH NICHE BLOG YANG SESUAI

Niche blog merupakan  pembahasan dalam artikel ini, yang berfungsi untuk menentukan niche blog/situs yang sesuai untuk Adsense. Bisa kita memilah dan memilih niche blog yang telah bercampur. ataupun niche blog yang hanya terfocus dengan satu pembahasan. Untuk keduanya, memiliki peluang yang sama, serta tidak terpengaruh secara erat. Untuk prosesi dalam pembuatan topik pembahsan blog, yang penting topik tersebut tidak melanggar kebijakan yang telah dibuat oleh tim Google. pastinya, topik apa sih sebenarnya yang sesaui dengan kebijakan Google Adsense.

Jika memang memiliki tujuan untuk membentuk sebuah blog yang difungsikan untuk monetisasi Adsense, yang paling baik adalah memilih judul blog yang mampu menyeret visitor dari lingkungan orang yang tidak terlalu paham mengenai hal demikian. Tidak mengerti apa yang disebut dengan Adsense, tidak paham bagaimana blog yang mendatangkan penghasilan, tidak paham mengenai apa itu SEO dll.

Judul Blog yang kurang relevan untuk Adsense
Saya sebagai penulis artikel, ingin sedikit mengutarakan apa yang menjadi kurangnya penyesuaian dalam menguangkan Adsense :

1. Judul yang berkaitan dengan cara blogging
   
   Visitor untuk blog yang memiliki jenis sama - sama user bloger pada Adsense. 

2. Judul blog yang bilkhusus menerangkan tentang SEO

        Yang demikian ini juga memiliki jenis pengunjung pada ranah jenis blog yang didatangkan pada lingkungan blogger yang banyak diantara mereka paham sejarah hingga bagai mana cara pengcodingan Blog yang dapat mendatangkan hasil yang optimal serta tipe iklan pada internet.

3. Judul Bisnis yang online

         Sama dengan pembahasan diatas, visiotr blog dengan judul ini, menarik bloggers yang paham tentang Adsense serta peluang marketing online lainnya.

Jika memang bermaksud untuk membentuk blog agar bisa diuangkan, seharusnya jangan sesekali memilih judul - judul sebagimana yang ada diatas. Judul - judul yang pengujung tidak mengerti tentanf dunia blog serta bisnis online. Kenapa demikian? Karena banyak diantara mereka yang telah sadar menekan wabilkhusus iklan Adsense.

MEMILIH BAHASA INGIRIS SEBAGAI NICHE BLOG

Apabila publisher Google Adsense pintar berbahasa Ingris serta telah terbiasa mengukir ungkpan - ungkan yang berbahasa Ingris, alangkah baiknya bentuklah blog yang memeiliki target visitor luar negri. yakni dengan menciptakan sebuha artikel - artikel  dengan bahasa ingris, yang demikian ini pasti mendatangkan profit yang tidak sedikit. Because, valeu CPC Google Adsense unutk blog dengan bahasa ingris lebih besar. 




Kamis, 22 September 2016

Cara Menginstal Plugin Pada Sketchup


     
Plugin Pada Sketchup

   Dalam penggunaan aplikasi - aplikasi multimedia, pastinya akan ditemua plugin untuk membantu menyelesaikan masalah dalam permodelan yang dibuat. Terlebih khusus dalam pembuatan model pada Skechup. Plugin, akan sangat penting, dimana gambar akan lebih sempurna tatkala pemakaiannya benar. Berikut akan saya jelaskan, bagaimana sih sebenarnya cara menginstall Ruby Plugin (Extention), untuk Skechup miliki Anda.

Zipped Ruby File (.rbz)

Untuk instalasi Skechup 8 dan 2013 dapat secara langsung dengan zipped ruby file (.rbz). Jikan memang Anda memiliki file yang bertanda format zip, maka bisa langsung mudah untuk lakukan perubahan format, menjadi .rbz dengan cara mengganti namanya.

 Metode install plugin .rbz

Mulai untuk open your Skewchup, kemudian tekan Window>Preferences

Tekan Extensions

Pilih install Extentions

pilih file .rbz milik Anda

Ruby File (.rb)

Plugin Pada Sketchup

Apabila Anda telah mempunyai file dengan format .rb, dapat Anda install plugin tersebut  tepat dalam folder yang pas, dan jangan lupa, untuk yang setalh itu restart Skechup yang telah digunakan.

Untuk meletakan plugin Skecthup agar bisa langsung dipakai, bisa Skecthuper lihat dibawah ini :

SketchUp 2014: C: \ Users \ Username Anda \ AppData \ Roaming \ SketchUp \ SketchUp 2014 \ SketchUp \ Plugins

SketchUp 2013: C: \ Program Files \ SketchUp \ SketchUp\ Plugins.

 SketchUp 8 dan yang lebih tua: C: \ Program Files \ Google \ Google SketchUp \ Plugins.

Usai itu, restartlah Skechup ruby Script Anda, agar bisa menambahkan menu dalam Skechup.
Mendownload plugin bisa didapat pada link berikut : Download Plugin Skechup

Rabu, 21 September 2016

Mengenal Fungsi Layer pada SketchUp

 Mengenal Fungsi Layer pada SketchUp


 Mengenal Fungsi Layer pada SketchUp


Untuk para Skechuper yang juga menyelami dunia desain grafis, jelas akan mengenal fungsi dan bentuk layer. Karena pada esensinya, Fungsi layer yang ada pada skechup tidak jauh berbeda dengan yang ada pada software - software multimedia lainnya. Dan perlu diketahui betul, bahwa program Skechup adalah bukan sekedar program 2 dimensi seperti halnya flash dll, melainkan program yang telah masuk dalam ruang lingkup 3 dimensi.  kereeeennn!!!!

Namun mengapa ada tool layer pada program ini? mungkinkah ada suatu benda pada ruang yang berdimesi 3, serta memiliki lapisan - lapisan yang tepat diatas satu dengan yang lainnya? Pada intinya si sebenarnya tidak mungkin.

Fungsi layer Skechup ?

Layer yang ada pada skechup, memberikan pengaturan yang lebih tepat dengan bahasa visibilitas. Bisa Skephuper gunakan untuk merekapitulasi jenis - jenis geometri, yang pada akhirnya bisa didapati dengan kemudahan mengaktifkan dan menonaktifkan.

 Mengenal Fungsi Layer pada SketchUp

Banyak pula yang memberikan pendapat, bahwa layer yang tidak  normal, dengan metode yang sama sebagaimana grup serta bagian - bagian garis tepi, serta bagian atas yang tidak bisa dikuasai pada komponen lain model yang dibuat. Untuk yang demikian ini, banyak menimbulkan ambiguitas yang besar apabila tidak hati - hati.

Untuk menemukan box dialog dengan menekan menu window Layer. maka dengan itu, penampilan pada model yang dibuat, akan lebih singkat dan dapat dipahami arti dari pola yang dibuat (seni). Dalam pembahasan Skechup untuk artkel ini, ada beberapa point - point yang harus diketahui, diantaranya yaitu :

Add layer : Yakni menekan button ini yang berfungsi untuk menambah layer baru pada file Skechup yang telah dibuat.

Delete layer : Tekan button ini untuk deletsitas layer yang dipilih. Apabila muncul sesuatu pada layer, cobalah untuk mendeletenya. Yang pastinya, Slecthup akan memberikan pertanyaan tentang apa yang diinginkan untuk user lalkukan dengan hal tersebut. pilihan opsi serta pilihan ubntuk delete beberapa layer.

Menu Layer flyout memiliki menu yang berisi, sebagai berikut :

Purge : Jika user memilih untuk melakukan delete bagi semua layer yang tidak terkandung didalamnya geometri. yang demikian ini merupakan metode yang paling efektif untuk mensave file yang terah dirapikan serta bersih.

Layer Colour: Lihatlah cara untuk masing - masing lapisan dalam daftar yang memiliki bahan dengan pola kecil tepat disebelah samping. menciptakan sebuah pilihan warna dalam pembuatan objek, tentu user akan memadukan warna untuk sebuah kecocokan warna (tekstur).

Layer List : Daftar list ini merupakan sebuah daftra dari semua layer, pada sebuha file Skechup yang dibuat.
Selain itu, ada bagian - bagain yang sama pentingnya dengan point - point yang sebelumnya, yaitu ada tiga kolom :

Name : Tekan dua kali nama pada layaer yang berfungsi untuk prosesi editing. Menenpatkan layer dengan nama - nama yang memiliki arti.

Visible : pada box, maka centanglah jangtung serta jiwa pada kotak dialog layer. Tatkala Geometri dalam sebuah lapisan terbaca, maka tatkala itulah kotak yangberkarakter centang itu dipilih. Dengan begitu, geometri layer tentunya sudah tidak lagi terlihat.

Senin, 19 September 2016

Cara Memasang Google AdSense pada Situs Non Hosted

Cara Memasang Google AdSense pada Situs Non Hosted

         Sebuah waktu yang spesial, dimana Anda bisa bertemu lagi dengan saya pada artikel yang menarik yang begitu penting untuk diketahui. Yaitu, cara memasang Google Adsense pada situs Non Hosted. Sebelum saya menjelaskan bagaimana metode pemasangan Google Adsense, akan saya jelaskan terlebih dahulu apa sih sebenarnya, akun Non Hosted dan Hosted Google Adsense. Check this out

Akun Hosted

Akun Hosted adalah akun yang didaftar hanya dengan melalui Youtube atau Blogspot.

Akun Hoste, pendaftrannya hanya satu kali review, serta lebih mudah untuk diteriman dengan ketentuan mengikuti kebijakan - kebijakan pada artikel - artikel miliki Google Adsense.

Iklan yang ditampilkan pada Youtube dan Blogspot hanya iklan Adsense Hosted.

Iklan Adsense dengan jenis Hosted ini, bisa ditampilkan lebih dari satu iklan pada akun Youtube dan satu akun Blogspot.


Iklan Adsense dengan jenis hosted tidaklah bisa dipasang pada situs/blog yang berdomain seperti .com, .net, .org, .web, .id, .info, dll (blog/situs yang bertopleveldomain)

Akun Adsense Jenis Non Hosted

Metode daftarisasi akun ini, dengan melalui blog yang top level domain (.com, .net, .org, .web.id, .info dll)
Metode pendaftaran akun non hosted ini juga dikenal lebih sulit, because harus melewati 2 tahapan review.

Untuk tahapan yang pertama adalah proses peletakan iklan, dan proses yang kedua review penentuan diterima atau akan muncul notofikasi penolakan dari Google Adsense.

Iklan Adsense Non hosted juga bisa diletakan pada Blogspot, Youtube terlebih khusus situ/blog yang ber Top level Domain (TLD).

Metode pemasangan Google Adsense pada situs Non hosted

Dalam pemasangan iklan Google Adsense pada situs hosted ini, tidaklah serumit yang dikiri, hanya saja kita tinggal memasang, dan pada akhirnya dari pihak Google akan melakukan aktifitas review iklan untuk blog. Namun, perlu diketahui untuk prosesi pemasangan GA dalam situs non hosted tidak boleh asal - asalan/sembarang. Haruslah melakukan secara baik, pada situs non hosted agar nantinya dapat dikenal serta diizinkan guna memasang iklan Google Adsense. Akun goolge adsense menjadi full Aprove, maka dengan ketentuan tersebut iklan tersebut bisa dipasang pada blog/situs yang non hosted, yang pastinya telah didaftarkan dan disepakati oleh Google Adsense. 

Berikut metode untuk merubah Google Adsnse hosted berubah menjadi full Approve:

Login pada Akun Adsense Anda

Pada home page Akun Adsense, bisa Anda lihat pada pojok  kanan atas, terdapat tombol yang bergambar roda gigi. Maka silahkan klik dan  pilihlah tampilan 'setelan', sebagai misal gambar yang ada dibawah ini:





Menu sisi kiri, maka pilihlah menu akses, kemudian pilihlah submenu otorisasi situs, sebagai misal yang nampak pada gambaran dibawah ini

Non Hosted


untuk nomer 2, cepat - cepatlah masukan url sits non hosted milik Anda letaknya tepat pada tulisan exemple.com.
Sedangkan untuk nomer 3, press button submit akun non hosted milik Anda. kirim

Hingga tahapan yang ketiga ini diatas, situs non hosted telah selesai pada prosesnya. Situs ini akan diriview Goog;e, tepat pada masa review yang umumnya sampai 1 - 7 hari. Pada masa itulah terpasangnya unit iklan Google Adsense. Jika memang review iklan situs non hosted tidak segera muncul dan jika lekas di approve, maka iklan Google Adsense akan nampak pada halaman situs nonhosted. Jika tidak itu artinya situs non hosted gagal.

Akun Non hosted ditolah apabila dalam proses epndaftaran tidak terpenuhi kebijakan privasi Google Adsense atau melanggar kebijkan iklan Google Adsense.

Mengenal Plugin, Ekstensi Sketchup Serta Cara Instalasinya

Mengenal Plugin, Ekstensi Sketchup Serta Cara Instalasinya

      

   Pada tutorial kali ini, akan saya sampaikan berkaitan dengan  plugin, ektensi Skecthup dengan cara instalasinya. Beberapa hal yang m,enarik, yang benar - benar membantu dalam pembuatan model skecthup, yakni dengan cara menambahkan plugin atau ekstensi. Untuk hal ini, belum semuanya mengerti, bagaimana sebenarnya cara kerka dan yang dimaksud dengan plugin dan ekstensi.

Plugin Skecthup pastinya akan memberikan peningkatan pada naikturunya kualitas software pada permodelan 3D. Plugin yang menjadikan kesempurnaan Skecthup akan sangat berguna sekali untuk sejumlah industri sebagai misal education, arsitektur, teknik, game, desain interior, fashion serta film, pekerjaan kayu, perencanaan pada kota dan juga lansekap.

Selain itu, plugin benar akan memberikan kemudahan sebagai misal untuk menciptakan sebuah gambar yang minimalis (sederhana), rendering, teks dan pelabelan, analisis energi, cetak 3D, penjadwalan dan import/ekport. Plugin telah disediakan untuk di download,guna  semua versi Skecthup yang saat ini dipakai.
Sebagai semple, yang dibuat dengan memberikan manfaat plugin, sebagai misal yanga da dibawah ini (uraian yang berkaitan dengan masing - masing plugin, akan saya utaran memalui sebuah tulisan yang dipisah).


Plugin, Ekstensi Sketchup

Metode instalasi plugin dan ekstensi Skecthup

Untuk saat ini, digunakannya Skecthup akan sangat berarti manakala Anda mempelajarinya dengan menginstall pada beragam macam tool, plugin dan ekstensi. Berikut ini adalah langkah - langkah untuk menciptakan sebuah pekerjaan, yang dkhususkan untuk seorang desainner. Sebagai penjelasan apa yang dimaksud dengan desainer kali ini, akan bekerja lebih mudah dalam dua metode instalasi Ekstensi Skechup.

Automatic Instalasion
Yang demikian ini merupakan sebuah pilihan yang benar untuk Skecthup 2013/2014. Bisa Anda ketahui secara langsung bagai mana akses gudang Skechup dengan pergi lalui Windows>Ekstensi Warehouse.
Masuklah pada akun Anda untuk lakukan downloading ekstensi pilihan miliki Anda, serta tekan dan download pada pilihan (tombol yang memiliki warna merah), letaknya tepat disudut kanan atas halaman.
Tekan dengan melalui pop-up yang berkesinambungan, yang tentunya mendatangkan Anda dengan ekstensi yang terinstall serta tidak ketinggal untuk mengaktifkan secara automatic sebagai bukti bahwa Anda telahg menggunkaan Skechup untuk MAC/PC.

Manual Instalation

Yang demikian ini benar - benar berlaku untuk ekstensi atau plugin yang ditemukan pada situs/blog. Yang sudah menjadi keumuman, biasanya file berformat ekstensi .rbz.
Masuk kedalam Windows>Preferences, setelahnya pilihlah ekstensi yang diinginkan.
Installah ekstensi dengan menekan "install Extention" button pada bagian bawah kiri jendela pop-up. Sama sebagai misal mode otomatis, dan tekan melalui pop-up yang berguna untuk dapati ekstensi yang telah terinstall.

Metode install plugin yang aman

Installasi  plugins pada sketchup adalah lumayan mudah, hanay saja disini muncul arahan petunjuk yang sangat mungkin untuk menciptakan tugas yang lebih mudah untuk Anda.
Tatkala melakukan sebuah instalasi, Anda diharuskan untuk mengecek bahwa plugin yang Anda miliki benar - benar berformat Rb. Selain itu, default lokasi tempat Skecthup Anda mencari pertama. Dengan kata lain folder tool Skecthup. Kemudian pindahkan file miliki Anda pada folder dan lakukan sebuah restart Skecthup.

Skechup yang telah diinstall kemudian buka, dan analisis plugin, periksa tab 'plugin' baru pada bagian atas program atau menu yang berfungsi untuk plugin baru miliki Anda.
Salah satu cara untuk menemukan plugin dan ekstensi yang benar, pastinya diawali dengan pencarian Skecthup 3d warehouse. Because, telah didukung  Skecthup, So aman untuk menemukan plugin yang paling sempurna untuk di manfaatkan.

Sabtu, 17 September 2016

Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE


Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE

        Seo On Page dan Seo Off Page, merupakan metode yang harus diketahui dan diterapkan untuk masing - masing publisher Google Adsense. Tujuannnya untuk apa? untuk menaikan rating blog pada search engine, dan untuk mendapatkan pengunjung yang banyak pula. Dengan begitu, maka pendapatan keuntungan yang akan diperoleh dalam akun Adsense akan lebih banyak pula. Kaitannya dengan bisnis online, maka tidak sepantas sebagai blogger untuk mengabaikan teknik ini. Jika kedua tekni ini di praktekan, maka kinerja situs/blog akan mendapatkan predikat baik atau malah bisa sampai ketaraf sangat baik.

SEO ON PAGE

Optimasi SEO ini, dikhususkan hanya ada didalam website. terdapat banyak cara, yang dapat praktekan guna optimasi SEO Onpage, yakni :

URL Domain : Dalam proses pembuatan website, akan sangat muhimmah jiddan kalau dalam bahasa arabnya (penting), untuk melakukan sebuah analisis terlebih dulu sebelum melakukan pembangunan pada website. Tujuan terbentuknya website adalah harus benar - benar jelas, yang tentunya mengarah kepada URL Domain yang telah disepakati. Karena, pada dasarnya agar website bisa terus naik untuk mendapatkan kinerja yang baik, maka dibutuhkan untuk memilih URL Domain yang tepat.

Jika kaitannya dengan optimasi keyword, maka akan sangat perlu diperhitngkan untuk URL Domain, yang tentunya sesuai dengan keyword yang telah menjadi sasaran. bila memang URL Website, telah sesuai dengan target keyword, itu artinya pemilikik website, sudah siap untuk berkompetisi dengan bantuan kata kunci tersebut.

Peringatan penting untuk publisher Google Adsense, agar tidak menggunkan tanda Hyphens(-) serta penggunaan angka pada URL Domain. Sebagai contoh Salah satu bentuk real situs yang memiliki Url Domain adalah www.maxikom.co.id. Dan kebetulan untuk blog milik saya belum tergabung dengan domain, karena ada kendala dengan masalah waktu, mohon dimaklumi. Dengan telah terpasangnya domain pada blog/situs yang dibuat, maka  artinya sudah siap untuk berlomba dalam meningkatkan keyword pada search engine.

Template : Selalu harus dibangun atau dipilihnya tamplate SEO Friendly, pada blog/situs. Untuk saat ini, telah banyak tamplate premium gratis yang memiliki struktur SEO Friendly. Jika memang ingin membentuk sebuah tamplate SEO Friendy, maka jangan lupa untuk belajar mengetahui elemen - elemen yang menjadikan website tersebut menjadi SEO Friendly.

Tag judul : Tag judul ini adalah bagian dari hal yang penting untuk memberikan pengertian dalam isi postingan. Tag judul tidak jarang di pakai dalam search engine Google, agar pastinya dapat ditampilkan dalam keadaan benar pada halaman pencarian. Sebagai misal, satu yang diprioritaskan adalah dengan membiasakan untuk menuliskan kata kunci yang berhubungan pada Tag Judul.

tag judul seo















Meta Tag : Meta Tag ini merupakan bagian pada Meta Description, Meta Keyword serta Meta Content lainnya yang dapat memberikan bantuan kepada situs/blog nantinya situs/blog dan agar dapat cepatr terindex pada search engine. Meta Tag  yang sedang saya bahasa ini, pastinya akan menuangkan informasi yang begitu penting yang ada pada halaman website pada Google Crawler.  Meta Tag tidak bisa ditampakan secara menyeluruh pada halaman muka website. Namun akan benar - benar akan mengoptimalkan mesin pencarian (Google).

Format H1 - H3 : Mesin pencarian, akan benar - benar memunculkan rating blog, berdasarkan urutan, dari kiri sampai kanan, atas sampai bawah. oleh sebab itu, sangatlah penting untuk seorang blogger, menempatkan H1 pada suatu kalimat yang pertama pada konten website. Yang sudah menjadi kebiasaan, bahwa T1 ditempatkan pada judul blog , sedangkan H2 tepat ditempatkan pada judul Widget, atau bisa juga ditempatkan pada Subheading.

Internal link : Link dalam ini, memiliki fungsi yang baik bila memang bisa diterapkan untuk setiap artikel atau bagian menu website yang sedang berkembang. Mengapa internal Link menjadi hal yang sangat urgen untuk pembentukan website yang ideal. Because, tujuan yang paling utama internal linking yakni, untuk memberikan banyak bantuan pada mesin pencarian agar mampu melewati untuk seluruh page artikel, serta berfungsi untuk keseluruhan situs atau blog.
Sebuah susunan yang begitu baik, dengan artikel yang tentunya akan terindek pada mesin pencarian. Sebagai salah satu semple untuk kepemilikan menu website yang tersususn dengan baik dan artikel yang berkaitan dengan hubungan dan tidak berlebihan. Untuk keumuman sebuah artikel akan sangat baik manakala memiliki satu internal Link dalam sebuah artikel.

Image ALT Text : Dalam pembelajaran SEO, yang paling sering dijadikan sasaran adalah pada artikel pastinya. Namun, ternyata masih ada lagi cara yang lain untuk melakukan optimasi guna untuk menaikan rating pada search engine. yaitu, melalui picture/gambar. Memperbanyak gambar untuk mengimbangi artikel yang telah disajikan akan mempercepat untuk memperbanyak jumlah tayangan. Yang pastinya, artikel tersebut bukan sebuah artikel yang  kopy paste.

Optimasi pada artikel dan picture, akan membantu untuk mendapatkan Traffic yang lebih tentunya, serta memberikan manfaat guna kepercayaan pada pemakai, bahwa website digunakan akan mudah untuk di hubungkan, karena memiliki picture - picture yang diingankan untuk pemilik blog.

Hal yang paling diutamakan dalam prosesi mengupload picture adalah pastikan terlebih dahulu nama gambar  yang menjadi sebuah keterangan yang simple, untuk memberikan pengaruh blog agar cepat naik peringkat pada serach engine. Sebagai misal,  (gambar logo situs/blog) yang memiliki nama "falahnurdin.png". Yang berikutnya, tambahkan ALT Text untuk masing - masing gambar yang ditampilkan. Penjelasan yang diberikan untuk masing - masing gambar, pastinya akan memudahkan Search Engine agar tau, gambar apa yang akan ditampilkan pada artikel. Penjelasan pada suatu gambar setidaknya memiliki panjang 5 -15 kata, alangkah baiknya. Bila memang penjelasan tersebut terlalu panjang, maka akan membuat sulit Search Engine untuk mengenali gambar tersebut. Bagi SEO dapat dimasukan pada kata kunci gambar, namun kata demi kata harus tetap berhubungan guna untuk memberikan arti gambar.



Image ALT Text SEO

Sitemap: adalah link yang berisi kumpulan - kumpulan tautan pada seluruh page yang ada dalam situs/blog. Sitemap memudahkan untuk pemakainya, agar tentunya dapat mencari artikel dengan mudah. Selain itu, sitemap memberikan kemudahan pada mesin pencarian Google untuk mengindex masing - masing page dalam situs/blog. Submit link Sitemap website ke Webmaster Tools, agar cepat dikenal oleh mesin pencarian dan masunk dalam rating yang mempengaruhi target. Tidak harus menjadi yang utama, yang penting bisa masuk terlebih dulu, dan terlihat pada urutan pertama hingga ke 11.

Optimasi URL Artikel : URL Artikel yang sedang dibahasa memiliki SEO Friendly yang benar - benar penting, karena Google telah menuangkan sebuah informasi bahwa URL dalam sebuah halaman, harus masuk diakal, serta memberikan kemudahan untuk penggalan kata demi kata yang jelas dalam penjabaran tag judul.

Underline, Italic, Bold : dalam sebauh artikel yang ditulis, pastinya akan ada sebuah penggunaan format Text Bold, Italic, dan Underline yang berfungsi untuk indexitas suatu artikel pada mesin pencarian. dan jadikanlah kebiasaan untuk pengunaan format text dalam masing - masing pembentukan artikel. Format text akan memberikan bantuan untuk menaikan kualitas SEO Onpage situs/blog dan memberikan bantuan  kepada pemakai agar bisa tertarik untuk membaca tulisan yang dibuat.


SEO OFF PAGE

      Optimasi Seo off page ini, benar - benar digunakan bukan untuk coding dalam website, melainkan Optimasi situs/blog yang dilakukan diluar website. Untuk membangun SEO Off Page yang berkualitas, tentu dengan melalui dua cara. Yang pertama muncul istilah whitehat, yang memiliki pengertian yakni melakukan tindakan - tindakan yang aman (natural), dengan kata lain seorang publisher blog melakukan tidakan optimasi yang sesuai dengan kebijakan  - kebijakan yang telah diberikan.

Kemudian akan kita temui lagi istilah blackhat yang berarti menggerakan aktifitas untuk pembangunan  Seo Off dengan melakukan cara yang jarang orang lakukan, cukup berbahaya karena aktifitas seo ini, diluar batas kebijakan yang telah ditetapkan. Metode yang sering dilakukan dalam langkah - langkah optimasi Seo Offpage, yang diantaranya yaitu :

Media Sosial : Media ini sangat beraneka ragam untuk data - datanya, yang menjadi salah satu contohnya adalah artikel atau link artikel. Cobalah untuk membagi artikel - artikel yang telah dibuat dengan sebaik mungkin, kemudian share pada profil facebook, dengan mengkaitkan teman yang telah disetujui. Cara yang sering saya  lakukan ini, pastinya dapat mendatangkan pengunjung dari 100 - 1000 pengunjung. Owh amazing!!!!!!!!! Dengan saking banyaknya pengunjung yang datang, maka akan berbanding lurus dengan Google mendeteksi artikel yang dibuat. Bisa jadi, masuk urutan yang mudah orang membacanya langsung pada mesin pencarian.

Backlink : Yang demikian ini adalah salah satu SEO Off Page, yang benar -benar memberikan pengaruh kepada tingkatan Page Rank (PR), dengan adanya peningkatan keyword yang dimiliki oleh pemilik  situs/blog yang dinginkan.  Backlink yang dibangun, seharusnya baik dan bukan backling yang menimbulkan spam. Kenapa harus demikian? because, situs/blog yang menyalahi aturan dengan ketentuan yang dapat membuat suatu situs/blog terkena penalty oleh mesin pencarian Google (Penguin - Panda). Tidak sedikit cara untuk mengembangkan backlink, sebagai misal pyramid, Dummy Blog, Sosial bookmark, Edu - Gov, Web 2.0, Forum, Blog to Web (1 arah), blog to blog (dua arah), Blog walking, Review, Web Directory, Submitter, iklan dan cara yang lainnya yang disesuaikan dengan pengamatan dan perhitungan yang dibuat.

Tools Seo Google :  Dalam pengembangan website, terdapat sebuah manfaat yang sangat luarbiasa, yang telah diberikan oleh Google Sebagai misal Analytics, Webmaster, Adwords Keyword Planner, Consumer Surveys, PageSpeed Insights, Content Expreriments, Places for Business, Alerts, Tag Manager. Serta pelajari pada manfaat tools yang telah dipaparkan oleh Google, yang disebabkan karena akan terbantunya dalam pembangunan website yang benar - benar Friendly SEO.

Share Gambar :  Menaruh ulang picture pada artikel yang berhubungan dengan website database gambar umum, serta jangan lupa untuk memberikan penjelasan yang berupa link balik pada artikelnya. metode ini akan sangat dapat untuk meningkatkan backlink serta jumlah pengunjung pada suatu situs/blog. Sedangkan dalam metode lain dengan cara menuangkan watermark link website pada gambar. Sedangkan metode yang lainnya bisa developmentalisasi pada kemampuan sendiri. 


 

Jumat, 16 September 2016

Ilmu Tajwid


Tajwid



Ilmu Tajwid


Tajwid merupakan suatu bacaan yang baik, elok, indah dan jelas dan membaguskan. Sedangkan secara bahasa, tajwid berasal dari kata Jawwada (????-?????-??????). Sedangkan secara istilah tajwid adalah yang digunakan untuk mengetahui bagaimana sebernaya membunyikan huruf - huruf dengan benar, baik huruf yang berdiri sendiri maupun huruf dalam rangkaian.

Permasalahan - permasalahan yang harus diketahui dan harus bisa dipecahkan adalah bagaimana mempelajari makhorijul huruf (tempat keluar masuknya huruf), ahkamul huruf (hubungan antara huruf), ahkamul maddi wal qasr (panjang dan pendeknya suatu ucapan), ahkamul waqof wal ibtida' (memulai dan menghentikan bacaan) serta al - khat al-utsmani.

Pengertian yang lain pada ilmu tajwid adalah bagaimana menyampaikan dengan sangat baik, bacaan - bacaan yang ada dalam Al Qur'an. Untuk hukum mempelajari  tadwid adalah fardu kifayah, namun pada saat membaca bacaan Al qur'an, maka hukumnya menjadi fardu 'ain. Untuk hukum ini, diperuntuhkan untuk muslim dan muslimah terlebih khusus mukallaf (dewasa).

Referensi :
1.  Buku Pelajaran Tajwid Penerbit "Apollo Lestari" Surabaya
2.  Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kamis, 15 September 2016

Mengenal Kotak Dialog Style Pada Sketchup

 Mengenal Kotak Dialog Style Pada Sketchup


 Mengenal Kotak Dialog Style Pada Sketchup
          Pada artikel ini, akan saya sampaikan sebuah orientasi yang berkaitan dengan  kotak dialog Style dalam fasilitas yang telah disediakan oleh Google Sketchup. Fasilitas yang gratis ini, memiliki sebuah controling untuk mengatur warna yang dinginkan oleh user. Selain itu,  kotak dialog Style dalam Sketchup,  mengontrol semua unsur yang ada pada model arsitek yang telah dibuat.

Untuk memunculkan sebuah kotak pengaturan, maka pilihklah menu Window pada menu bar, style, klik tab Edit, kemudian tekan kotak yang ada dipaling kanan, tepat dibagian atas tab. Kotak dialog  memiliki sebuah perincian data - data yang sama pentingnya dengan tool yang lain. Sebagai penjelasan kotak dialog Skecthup, adalah sebagai berikut :

Button (tombol) kontrol dengan variasi warna : Tekan kotak pada warna - warnanya, kemudian akan nampak color wells, yang digunakan untuk merubah warna dari jenis setiap elemennya.

Section Cut Width : Section ini berfungsi untuk memberikan referensi seberapa tebal user akan menggunakan line dalam pixel. Yang tentunya memberikan sebuah pola, untuk pemotongan tatkala Anda memakai section plane pada kotak dialog.

Button Kontrol yang berupa check box : Fungsinya adalah untuk memberikan pengaturan visibilitas untuk jenis elemen pada model yang dimiliki. Namun untuk menjelaskan sebuah kontrol pada check box, lumayan begitu membingunkan. Namun, ada sedikit penjelasan mengenai 3 pengaturan yang ada dibawah ini. berikut penjelasannya : 

Color by layer: yang menuangkan color geometri sesuai dengan warna yang diatur pada kotak dialog Layers.
Section plane : Merujuk pada objek Section plane, yang digunakan untuk mengcut penampang, yang mereka memiliki warna abu-abu dengan jumlah empat anak panah pada tiap - tiap sudut.

Section Cut : Section Cut, tidaklah sama persis dengan Section plane, hanya saja pengaturan ini memberikan sebuah kontroling pada efek pemotongan. Jika memang Anda tidak memilih pengaturan ini, maka Section plane tidak akan bisa muncul dan tidak pula memotong .

Math Phot Setting : Tatkala Anda telah memakai phot matc, dengan melakukan penyesuaian visibilitas foto Anda, terkadang memang akan sangat membantu. Jadi pakailah sebuah pengaturan untuk menghiden dan menunjuk, serta menyesuaikan opocity photo pada latar belakang dan bagian depan.

13 Shortcut Akses pada Tool Favorit di Sketchup

13 Shortcut Akses  pada Tool Favorit di Sketchup

 

13 Shortcut Akses  pada Tool Favorit di Sketchup
 Google Sketchup benar - benar memberikan jalan cepat pada keyboard yang berfungsi untuk tool yang paling sering digunakan dalam proses pembentukan model pembangunan. Inginkah tau apa sajakah rangkuman shortcut yang disertai dengan fungsinya. Lihatlah penjelasan dibawah ini.




Tool                  Shortcut                      

Line               : L
Eraser : E
Select : Spacebar
Scale : S
Zoom Extents : Shift+Z
Paint Bucket   : B
Rectangle        : R
Push/Pull         : P
Offset : O
Rotate : Q
Move              : M
Circle : C
Arc                 : A

Rabu, 14 September 2016

Membuat Model Simetris di Sketchup dengan Menggunakan Teknik Pencerminan

Membuat Model Simetris di Sketchup dengan Menggunakan Teknik Pencerminan         

       
Membuat Model Simetris di Sketchup dengan Menggunakan Teknik Pencerminan
 Pada pembahasan Sketchup, yang tepat pada artikel baru ini, saya akan berbagi ilmu yang berkaitan dengan metode pencerminan dalam sebuah objek atau geometri pada Sketchup. Cara ini akan sangat bermanfaat khususnya pada saat dibuatnya sebuah model yang berbentuk simetris. Pada saat diinginkan agar lebih menghasilkan keterbatasan waktu, tau dimana dan kapan membuat cermin objek yang bisa menghemat waktu luang yang banyak.

Kemudian, akan saya praktekan dengan melalui tulisan ini, metode pencerminan sebuah objek yang dengan memakai perangkat Flip Along, Move, Scale. Sebagaimana contoh yang akan dibuat untuk membuat sebuah model TV tabung. Untuk membuat sebuah model ini, akan saya buat separuhnya terlebih dahulu, lalu akan saya buat separuhnya lgi dan kemudian digabungkan.

Tips dan trik pencerminan geometri pada Sketchup dengan memakai perangkat Scale.

Cara ini, tentunya paling banyak dipakai, serta simple, sederhana, dan efektif dalam proses pembuatan model.
Teknik Pencerminan  model Sketchup

                                           Obyek Yang Akan Dicerminkan

Untuk menciptakan sebuah pencerminan  objek yang memakai tool Scale, harus terlebih dahulu Anda memilih sebuah objek, yang berupa geometri yang berdiri secara independen. Geometri ini, sudah dikelompokan atau berkomponen.
Seusai itu, harus Anda salin objek yang telah dibuat dengan cara menduplikasi menggunakan CTRL + Move.

Teknik Pencerminan  model Sketchup

                                          Objek yang sudah dicopy

Seiusai itu, pilihlah scale tool dan gunakan skala -1 pada arah sumbu pencerminan.

Teknik Pencerminan  model Sketchup

                                       Gunakan tool Scale Tool
                      Pada letak objek, rapikanlah dengan Move Tool.

Teknik Pencerminan  model Sketchup

Metode pencerminan geometri pada Sketchup dengan menggunkaan perintah Flip Along.

Memakai perintah flip Along bahkan bisa sampai lebih cepat. Cara membuat duplikasi sebagai misal yang ada pada contoh diatas. Terakhir pilihlah objek, kemudian klik bagian kanan selanjutnya pilihlah flip Along.

Teknik Pencerminan  model Sketchup
                                         Gunakan Flip Alog Red

Selasa, 13 September 2016

Mengatur Unit dan Location Sketchup

                                            Mengatur Unit dan Location Sketchup

sketchup

Setelah beberapa kali saya menuliskan artikel yang berkaitan dengan Sketchup, maka kali ini akan saya jelaskan sebuah  artikel yang tidak kalah menariknya dengan yang sebelumnya. yaitu cara mengatur unit dan location Sketchup.






  Konfigurasi Unit

Pakailah panel unit kotak dialog, pada pengaturan dokumen, yang  berfungsi untuk  mengkonfigurasikan satuan yang digunakan untuk mengukur panjang pada Sketchup. Masing - masing satuan format berlaku bagi ukuran, beserta pengaturan ukuran kertas.

Untuk melalu sebuah proses pengaturan, silahkan kembali ke interface  Skecthup Anda. Lalu Anda pilih menu window dan klik model info.


 Pilihlah  units, tepat yang paling bawah , sebagaimana gambar diatas.

 Untuk mengatur unit silahkan kembali ke antar muka Sketchup Anda. Pilih menu window lalu klik model info.

    Selanjutnya pilih Units (letaknya paling bawah, seperti gambar di atas).
Isilah format Anda yang sesuai, dengan memilih Architectural, decimal, engineering atau fractional. Dan jika ingin menghasilkan sebuah gambar dengan ukuran yang lebih presisi dengan isian precision bisa Anda rubah (sebagai contoh untuk dua angka dibelakang koma 0,00m).


Mengatur Lokasi

sketchupCara yang paling mudah untuk menetapkan sebuah informasi untuk lokasi pada model Sketchup adalah menggunakan kotak dialog tambah lokasi dan untuk yang setelahnya, buatlah sebuah model pada lokasi tersebut. Dengan cara, ikuti langkah - langkah berikut ini :

Tekan tombol Add Location. Tambahkan lokasi kotak dialog yang akan muncul. Kotak dialog ini memberikan sebuah kemungkinan untuk Anda, agar menavigasikan tampilan dua dimensi dunia serta menemukan sebuah lokasi untuk model Anda.

Kemudian carilah dimana lokasi yang diinginkan agar model 3D bisa muncul. Dua cara ini untuk mencari lokasi dimanakah Anda ingin model 3D bisa muncul. Melihat pada tambahan lokasi dialog box, yang digunakan untuk informasi yang lebih lanjut. Ketiklah alamat pada kolom pencarian dan tekan tombol search.

Tekan pada Add Lokasi tombol pada kotak dialog Add Location. Sebuah gambar 2D pada tampilan saat ini ditempatkan pada Sketchup. Gambar ini tentu akan terkunci, sehhingga Anda tidak bisa sampai keliru menghapusnya.

Dan buatlah strukture diatas lokasi. Strukture tersebut akan dihubungkan dengan informasi geografis tampilan yang aktif.

Tekan pada model review dan tekan tombol Google Earth untuk melihat model Sketchup pada Google Earth. maka besiaplah untuk meluncurkan Google Earth. Sketchup mampu membuat sebuah file yang sementara model penempatannya dalam model Google Earth, yang keberadaanya pada  lokasi yang tepat tentunya.

Tekan tombol share pada model ditoolbar Google, agar nantinya gudang 3D  muncul. Masuk pada gudang gambar 3D. Anda pastinya membutuhkan account google jika Anda tidak memiliki satu. Ikuti langkah - langkah untuk mengirimkan permodelan milik Anda pada Gudang gambar 3D.

Senin, 12 September 2016

Rahasia Mengoptimalkan Nilai CPC (BPK) Google AdSense

Rahasia Mengoptimalkan Nilai CPC (BPK) Google AdSense 

     

Mengoptimalkan Nilai CPCDemi untuk memperoleh keuntungan setiap bulan dari Google Adsense, tidaklah semudah seperti halnya  membalikan telapak tangan. Oleh sebab itu,  dibutuhkan skill skill khusus untuk memaksimalkan kinerja yang diberikan untuk  Google Adsense.

Yang sudah menjadi kebiasaan, cara yang di pakai Google Adsense yaitu Cost per Click (CPC) atau Biaya Per Klik (BPK). Dengan kata lain akan Anda dapatkan pembayaran, jika memang iklan Adsense memperoleh klik dari pengunjung. Entah besar kecilnya keuntungan yang didapat, tentu semua dipengaruhi dengan jumlah pengunjung pada blog yang telah dibuat, Dan juga nilai CPC iklan yang memiliki keterkaitan dengan blog.

Kadang nilai CPC memiliki jumlah klik iklan yang benar - benar sedikit. kadang kala juga jumlah klik terhadap iklan benar - benar banyak. Namun, value CPC yang didapat sangatlah kecil. Akibatnya, perolehan Anda pada Google Adsense akhirnya kurang maksimal. Sehingga untuk setiap  publisher yang telah lama bergelut dengan dunia blogging, tidak bisa dapati gajian untuk setiap bulannya.

Selain itu, tanda - tanda jumlah iklan, berikut tata letak iklan, sebenarnya untuk mengangkat hasil perolehan pada Google Adsense. Ada dua faktor yang begitu menentukan untuk meningkatkan perolehan pendapatan pada Google Adsense. Yang diantaranya yaitu jumlah visitor blog dan yang terakhir adalah value pada CPC iklan blog.

Telah dapati juga, banyaknya publisher Google Adsense yang mengeluh akibat nilai CPC begitu kecil, dan penghasilan yang tidak kunjung naik. Maka, pada saat  dimana ada kesempatan, ingin saya berbagi ilmu yang berkaiatan dengan cara mengoptimalkan value CPC Google Adsense, yang tentu bisa Anda coba, sehingga perolehan Adsense bisa kunjung maksimal pada akun Adsense Anda.

Mengapa value CPC pada Google Adsense Anda begitu kecil?

Pada problem CPC ini, memang dari pihak Googkle  sendiri, tidak memberikan penjelasan secara detail, bagaimana langkah - langkah untuk meningkatkan value/nila CPC, serta Google tidak pernah pula memberikan penjelasan mengapa nilai CPC itu kecil. disinilah akan saya jelaskan sebab - sebab nilai CPC kecil, yang tentu semua yang dijelaskan bersumber pada empiris atau pengalaman pribadi saya sendiri. Berikut penjelasannya : 

 Konten yang asal - asalan serta kurang pendekatan untuk menuju kualitas yang baik

Sebab yang paling utama mengapa nilai CPC Adsense  rendah adalah disebabkan karena kualitas koten yang dibuat asal - asalan. Kurangnya kualitas, malah menjadikan pengunjung pada blog tidak merasa puas. Dalam pembahasan konten yang asal - asalan ini, Google merekan aktifitas - aktifitas pengunjung, pada saat dwell time atau time yang dihabiskan pengunjung pada salah satu artikel, cukup lama. Dan bisa diartikan, bahwa artikel ini berkualitas dan bisa memiliki pengaruh terhadap nilai CPC pada Adsense milk Anda, atau malah sebaliknya sebaliknya.

Terdapat Bom Click pada iklan Adsense milik Anda 

Bom Click yang telah diketahui pada beberapa kasus, sudah dapat diantisipasi, jika terjadi bom klik. maka secara otomatis, Google Adsense akan mengaktifkan sistem smart pricing secara otomatis, dengan cara mengurangi nilai CPC iklan yang berkaitan.

Sumber pengunjung yang dibuat dengan sengaja (non natural)

Pengunjung yang tidak  datang dari search engine (mesin pencarian), sebagai misal dari sosial media, sebagaimana facebook, twitter, friendster Google+ dll, yang bisa saja terjadi permainan curang, bahwa Anda meminta/memohon orang lain agar berkunjung pada blog Anda, untuk melakukan aktifitas klik pada iklan. Selain itu, dapat juga memunculkan lalu lintas yang tidak valid pada Google Adsnse, yang pastinya akan berakibat terpotongnya pendapatan Adsense miliki Anda. Selain itu, Traffik yang tidak natural pastinya bisa menyebabkan value CPC iklan Adsense turun.

Pengunjung yang didatangkan dengan sebab menyebarkan link kepada beberapa situs - situs media sosial, jika dibuat secara otomatis kepada beberapa media sosial, dan jika dilakukan secara otomatis tentu akan berdampak pada hal - hal yang baik. jika dilakukan secara berlebihan akan menyebabkan terjadinya banned pada Adsense.

Iklan yang ditampilkan tidak memiliki hubungan dengan artikel

Salah satu penyebab mengapa nilai CPC iklan kecil, karena iklan sudah tidak lagi relevan dengan kontent artikel yang dibahas. Kurang jelas juga, bagaimana sih sebenarnya teknik cara perhitungan CPC tersebut. Selain itu, beberapa publisher yang memilki pengalaman/empiris banyak  memberikan sebutan, untuk yang demikian ini adalah bagian dari penyebab turunya nilai CPC.

Metode mengoptimalkan nilai CPC Google Adsense

penghasilan Google Adsense turun begitu rendah, bisa dilihat pada penghasilan yang paling diberikan hanya $00.5. Namun, hasil yang diberikan bisa mencapai $0.12, atau bahkan bisa lebih apabila konten yang disajikan memiliki kualitas.

Sabtu, 10 September 2016

3 Cara Mencairkan Pendapatan dari Google Adsense

   
3 Cara Mencairkan Pendapatan dari Google AdsenseDalam forum - forum Google Adsense, terdapat banyak sekali pertanyaan yang lumayan sulit untuk saya membantu menjawabnya. Namun, Ada beberapa pertanyaan yang sudah saya laluli atau, dengan bahasa yang mudah untuk saya menjawabnya yakni pengalaman pribadi saya sendiri. Pertanyaannya adalah bagaimana cara mengambil uang atau mencairkan suatu pendapatan yang ada pada Google Adsense.

Karena dari pertanyaan ini, bisa disimpulkan bahwa tidak sedikit orang yang sudah melihat penghasilan yang minimal bisa diambil $10, tapi bingung cara mengambilnya. merekapun mengira bahwa menjadi sejatinya publisher Google Adsense harus memiliki ATM, akan lebih baik punya, tapi bukan menjadi suatu keharusan. Dan ketika menjadi sejatinya publisher Google Adsense harus memiliki akun paypal, padahal tidak juga.

Sebenarnya masih ada cara yang lebih simple lagi untuk pengambilan uang pada Adsense. Walau hanya bermodalkan sebatas kartu identitas, sebagai misal kartu KTP, atau SIM saja, bisa Anda cairkan pendapatan Google Adsense tersebut dengan sangat - sangatlah mudah. Namun itulah sebuah resiko untuk seorang yang masih newbie. Tapi bukan lagi menjadi masalah manakala ditelateni secara to be continue.

Cara Pengambilan Uang pada Google Adsense

Mencairkan penghasilan pada Google Adsense, yang telah diterima, terlebih khusus di Indonesia, sudah benar - benar dimudahkan, bahkan dalam 1 hari penghasilan yang diperoleh dari Goggle Adsense, sudah bisa diterima. Ada 3 jenis cara pencairan yang tersedia oleh Google Adsense yang bisa digunakan, berikut penjelasannya  :

Mencairkan Google Adsense dengan melewati Transfer Rekening

           Pencairan Google Adsense yang bisa dipilih melalui transfer antara rekening. Syarat dan ketentuannya yakni, Anda diharuskan untuk memiliki rekening dibank, metode ini adalah yang paling  teraman. Dengan kata lain, uang yang terperoleh pada pendapatan Google Adsense bisa secara langsung tertranfer kedalam rekening bank yang dimiliki. Pihak Google Adsense, secara langsung mentranfer kedalam rekening bank yang dimiliki. Google akan membayar pada pola mata uang Rupiah dari konversi mata uang asing, yang disusaikan dengan nilai yang berlaku. Jika memang berniat memakai yang demikian ini, untuk mengambil  pendapatan Google Adsense, akan langsung tertransfer kerekening  bank yang dimiliki.

       Untuk memakai cara ini Anda haruslah tahu biodata bank tersebut, yang meliputi kode SWIFT bank, bank name, name pemiliki rekening, serta no rekening yang akan digunakan untuk mentranfer, mengenai kode SWIFT bank. Anda bisa tanyakan kode tersebut, secara langsung kepada petugas bank yang bersangkutan. Jika memang data - data pada biodata sudah Anda miliki, bisa Anda pilih cara transfer kawat pada akun Adsense milik Anda, dengan menggunakan biodata yang dimiliki.

Mengambil pendapatan Google Adsense dengan melalui CEK



Mencairkan penghasilan Google Adsense memalui CEk ini sudah tidak terlalu sering digunakan pada beberapa negara, bagi yang telah kenal dengan Tranfer dana elektronek. Untuk proses pengambilan dengan melalui CEK ini, prosesnya memang cukup lama. Dikirimnya CEK melalui kantor pos, umumnya cek baru bisa diterima seusai 2 - 4 pekan dari tanggal seusai CEK dikirm. Jika pada 60 hari CEK belum diterima, harus Anda ajukan pembayaran CEk lagi dengan menggunkaan akun Adsense Anda. Dan jika memang pada 12 jam atau satu tahun CEK yang diterima belum juga diambil, maka penghasilan Google Adsense akan ditangguhkan, because CEK sudah tidak bisa dipakai lagi (kadaluarsa).


Proses bayar dengan lalu lintas cek akan dikirim dengan nama Citibank, dengan kata lain memakai cara ini, yang seengganya harus Anda gunakan bank yang punya relasi dengan Citibank. Fungsinya adalah  untuk mengambil cek Anda.


Mengambil penghasilan Google Adsense dengan menggunakan Western Union (WU)
Cara pengambilan dari Google Adsense ini, sangat cepat  tanpa ada pemotongan biaya sedikitpun. Bahkan dalam jangka waktu 1 hari, uang sudah diterima. Apalagi saat ini banyak juga, tersedia agen Western Union untuk setiap kota, yang memudahkan untuk pengambilannya.


Untuk memakai cara pengambilan  dengan jenis ini, harus Anda atur dengan cara pengambilan pada Akun Adsense dengan Western Union. Dengan mendaftarkan biodata yang sesuai dengan yang ada pada kartu identitas (ID) Anda, SIM ataupun KTP. Mencairkan pendapatan bisa diambil pada agen WU setempat, sebagai misal kantor pos dan agen WU yang lainnya. Membawa Photokopi dan Kode MTCN atau kode pencairan, supaya Anda memahami cara pengambilan pada jenis ini. Untuk lebih memahami secara dalam, bisa pelajari tentang cara mengambil pendapatan google adsense dengan melalui western union.

Jumat, 09 September 2016

Daftar Ulang Adsense dengan Email yang Pernah Ditolak

Daftar Ulang Adsense dengan Email yang Pernah Ditolak

          
Daftar Ulang Adsense dengan Email yang Pernah Ditolak

Daftar Ulang Adsense dengan Email yang Pernah Ditolak
Beberapa hari yang lalu, pernah saya mendaftar Google Adsense sampai pada tahap review yang kedua, yang pastinya saya telah diterima. Maka secara otomatis, iklan yang telah terpasang pada situs blog, akan muncul dengan berbagai penempatan. Namun, dua hari setelah itu, saya telah mendapati kiriman inbox pada Gmail, yang memberikan pernyataan bahwa Situs blog yang saya buat, telah melanggar aturan kebijakan webmaster yang pada intinya saya telah ditolak, karena blog yang kurang sesuai dengan kebijakan yang telah diberikan oleh Google.

Jenis penolakan Google Adsense


Jenis penolakan yang diberikan oleh Google Adsense meliputi dua kategori,  penolakan yang dilakukan oleh publishernya sendiri dan penolakan yang dilakukan karena blog yang kurang memenuhi kebijakan Google Adsense.

Penolakan yang bersumber oleh publisher Blog


Bentuk penolakan ini, biasanya karena kurangnya kelengkapan dalam menulis alamat pada akun, atau hanya menuliskan sebagian alamantanya saja. Yang pastinya, dalam masalah ini akun Adsense yang telah terpakai bisa masuk melalui login, namun akunnya hangus karena ditolak, atau memang sudah tidak bisa dipakai lagi

Penolakan yang Disebabkan Karena Blog


Penolakan yang bersumber pada blog terjadi karena blog yang disusun kurang  sesuai dengan kebijakan Google. Umumnya, seorang calon publisher yang telah mendaftar sampai 2 tahapan review, dan yang pada akhirnya ditolak, maka team Google akan memberikan notifikasi/pemberitahuan yang berkaiatan dengan kesalahan - kesalahan yang ada pada Blog tersebut.

Solusi :

Mendaftar ulang Akun Adsense bagi yang baru ditolak

Solusi untuk selesaikan masalah tersebut adalah dengan membuka email penolakan, dengan resubmmit "daftar ulang", melalui tautan/link yang tertera pada kiriman email yang diberikan, bila memang publisher blog telah membaca kesalahan - kesalahn yang telah dijelaskan oleh Google dan memperbaikinya. Untuk masuk kehalaman akun Google Adsense milik pribadi, masih bisa. bisa Anda buka pada URL dibawah ini.

https://www.google.com/adsense/resubmit?destination=/adsense/app

Setelah masuk pada URL berikut, ikutilah kembali pendaftaran ulang, dengan mengisi data - data yang dibutuhkan, seperti halnya alamat website, tempat tanggal lahir, nama lengkap, bahasa website dan lain sebagainya. Bila sudah mendaftar ulang tetapi masih saja belum diterima, maka perbaiki apa yang menjadi kesalahan.

Membuat Akun Adsense dan mendaftarkannya, tanpa menghapus blog
Jika telah mendaftar ulang selama 3 kali berturut belum juga diterima, maka ambil langkah lain, untuk membuat gmail baru yang digunakan untuk mendaftar Adsense.
Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat, trimakasih.

Memahami Page View, CPC, CTR dan RPM dalam Adsense

Memahami Page View, CPC, CTR dan RPM dalam Adsense

Memahami Page View, CPC, CTR dan RPM dalam Adsense

Memahami Page View, CPC, CTR dan RPM dalam Adsense
Ketemu lagi dengan pembahasan Google Adnsese, dimana pada saat artikel ini diabaikan,  maka akan mendapat musibah besar untuk para blogger yang telah bersusah pasah melakukan sebuah perawatan. ketika pembaca telah melakukan sebuah orientasi atau pengenalan  dengan Adsense, maka akan ditemui sebuah data - data seperti halnya Page View, CPC, CTR dan RPM.

Data - data tersebut sebenar hasil dari apa yang para blogger kerjakan dari hari ke hari, bulan kebulan dan tahun ketahun. Dengan bahasa yang tepat yakni informasi analisa hasil yang diberikan oleh Google.

1.    Page View

Page View atau impressi dapat diterjemahkan dengan 'tampilan halaman', yakni jumlah yang memberikan informasi berapa kali halaman yang mengandung kode unit iklan akan ditampilkan oleh visitor situs blog. Nilainya tidak terpengharuh dengan jumlah iklan yang diletakan pada halaman tersebut. Jika iklan yang diletakan pada halaman yang ditampulkan sampai berjumlah 3 unit iklan, dan halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka Page impressionnya akan tetap saja, yakni berjumlah 10.

Istilah impression tidaklah hanya pada Google Adsense, melainkan istilah tersebut dikenal juga pada Webmaster Tool. Jika dalam Google Adsense Impression adalah jumlah dari halaman yang mengandung unit iklan, iklan Adsense akan tampil. Dan bagi Webmaster, pengertian impression sangat berkaitan dengan jumlah halaman yang ditemukan oleh mesin pencari, dengan dasar keyword yang dijadikan kriteria pencarian. Semakin banyak impression, maka akan berbanding lurus dengan halaman blog yang ditelatane tersebut, mudah untuk  ditemukan oleh mesin pencarian.

2.     Click

Dalam mendefinisikan klik, yang berkaitan dengan iklan pada Google Adsense, yaitu bahwa klik disini mengandung arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh, untuk setiap unit iklan Adsense yang terpasang.
Cost Per Click (CPC)
CPC merupakan singkatang dari Cost Per Click yang telah dibuat Google Adsense. Setiap iklan Adsense tertekan oleh pengunjung, maka secara otomatis didapatkannya sejumlah nilai click untuk iklan tersebut. Semakin besar nilai Cost Per Click, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan profit pada iklan yang terpasang.

Faktor yang bisa mempengaruhi nilai Cost Per Click untuk setiap iklan Adsense, yang diantaranya yaitu jumlah iklan yang diletakan dalam halaman, jenis iklan yang dipilih, asal pengunjung dll.
Google benar - benar sangat menutupi nilai CPC untuk setiap iklannya. Hanya yang mengiklankan dan dari pihak Google Adsense saja, yang paham untuk nilai dari masing -masing unit iklannya.

 Click Through Rate (CTR)

CTR (Click throught rate) merupakan perbanding dalam pola persentasi, yang digunakan untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan Adsense, yang bersangkutan tampil, jika iklan tampil hingga 1000 kali, dan kemudian iklan tersebut mendapatkan penekanan tombol iklan,  sejumlah 10 kali, maka CTRnya dapat dihitung sebagai berikut (10/1000*100%)=1%. Jadi, jika memang dalam seribu tampilan, iklan mendapat klik pengunjung hingga sebnayk 10 kali, itu artinya value CTR untuk iklan tersebut yakni 1%.

Value CTR secara tidak langsung dapat memberikan sebuah informasi, prilaku normal klik terhadap satu unit iklan. And CTR merupakan sebuah referensi Google, agar publisher dapat memantau prilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan. Normalnya value untuk CTR 0% hingga 5%. Bisa juga lebih dari itu, tergantung jumlah klik terhadap iklan yang terpasang. Namun, jika  nilai CTR lebih dari 100% pertanda situs yang terpasang iklan sudah tidak lagi normal. aktifitas tersebut dikarenakan adanya bom klik oleh beberapa oknum - oknum yang tidak senang, atau digunakan untuk bermain - main.

untuk mencegah hal tersebut, maka seorang publisher Google Adsense, harus  terus memantau laju gerak situs blog yang telah dibuat. Jika terjadi ciri - ciri kecurangan atau bom klik pada iklan yang terpasang, resikonya adalah akun Adsense akan dibanned. Nilai CTR diatas 100%, bisa saja terjadi apabila jumlah klik melebihi jumlah iklan yang ditampilkan.

4.  Rvenue Per Thoushand Impression (RPM)

RPM merupakan hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1000), ya didapat dari iklan - iklan tersebut. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50000 impresi, maka akan memiliki nilai CPM, hingga sebesar $4 "value tersebut didapatkan dari perhitungan jumlam hasil/(impressi/1000)]=(200/(50000/1000)=200/50=4.
RPM  adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4".

5. Estimated Earning (EE)

Estimated Earning merupakan perkiraan jumlah hasil yang diperoleh dari iklan Adsense yang terpasang. Nilai Estimated earning yaitu hasil kali antara jumlah klik dengan Cost Per Click  (CPC). Semakin besar nilai CPC, maka berbanding lurus dengan estimated earning yang akan diperoleh. Kemudian, semakin banyak pula jumlah pengeklikan iklan, yang semakin besar pula pendapatan yang pasti diperoleh.

Inilah lima point penting yang berkaitan dengan data - data Akun Google Adsense. Semoga bermanfaat, dan apabila telah dapati sebuah kesalahan kata dalam artikel yang saya buat, maka datangnya dari saya sendiri. Dan apa bila ada kebenaran dari semua yang telah saya tulis, datangnya dari rob semesta alam. Trimakasih