Kamis, 28 Januari 2016

Manfaat Menulis Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik


Manfaat Menulis Untuk Kehidupan  Yang Lebih Baik

Manfaat Menulis Untuk Kehidupan  Yang Lebih Baik
Dalam rutinitas kehidupan kita, menulis bukanlah hal yang asing lagi. karena hal tersebut sudah menjadi kebutuhan masyarakat pada keumumannya. Tidak sedikit diantara mereka yang menjadikan menulis sebagai kegiatan untuk mencari popularitas, pekerjaan, dan kesibukan yang bermanfaat. Terlebih khusus bagi para pelajar dan mahasiswa yang menyelami dalam dunia pendidikan, pasti tidak akan pernah lepas dengan kegiatan menulis.

menulis merupakan sebuah kegiatan untuk menuangkan ide - ide, gagasan, opini dan perasaan yang dituangkan pada sebuah tulisan. Selain itu, menulis merupakan bentuk komunikasi secara tersurat atau tidak langsung. Semua bentuk informasi akan terasa jelas dan dapat di pahami lewat sebuah media kepenulisan.

Menurut KBBI, pengertian menulis adalah melahirkan pikiran atau perasaan (seperti halnya mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Dan kepenulisan yang baik dan mudah dipahami akan sangat bergantung pada latar belakang penulis. Mutu dan kualitas tulisanpun akan sangat diperhitungkan kepada siapa saja yang hendak membaca pada sebuah informasi tersebut. Yang lebih penting lagi, semua kegiatan kepenulisan haruslah  menyesuaikan dengan basis pembacanya, entah dari kalangan elet akademisi atau dari kalangan umum. 

Dalam perspektif pendidikan, menulis adalah hal yang sangat urgent demi kelangsungan pembelajar. Dan penulis akan mengemukaan beberapa manfaat yang berkaitan dengan pendidikan.  Yang diantaranya yaitu :

         Menulis mampu memberikan rangsangan kepada pembaca agar senantiasa dealektika terhadap apa yang telah ditulis. Selain itu, menulis akan memancing pengetahuan dan pengalaman yang tersimpan dalam alam bawah sadar penulis.

         Menulis akan sangat membantuk untuk menuangkan ide ide kreatif, dan memberikan rangsangan kepada penulis yang berkaitan dengan pentalian atau analogi yang tidak akan terjadi apabila tidak menulis.

         Menulis sesuatu yang penting akan menjadikan pelajar pintar dan aktif.

         Seseorang yang memiliki kesibukan menulis, berarti dia telah siap untuk selalu dievaluasi tentang kepenulisan yang berkaitan dengan ide dan gagasan yang telah terkonsep dalam sebuah kepenulisan. 

         Menulis mampu menyelesaikan masalah yang dengan menulis tersebut semua unsur � unsur masalah akan dapat diketahui dan dapat diatasi dengan alat analisa. Entah yang berbentuk pohon berantai atau SWOT dll.
    

Dalam pendidikan anak sejak dini, kegiatan menulis adalah sebuah kegiatan yang sangat baik untuk perkembangan kinerja otak. karena, dilain sisi menambah pengetahuan dan juga menghilangkan sifat kepikun pada manusia. Sebagai bentuk analogi yang nyata adalah pada pedang, semakain sering diasah, maka akan semakain baik dan tajam,  begitupun korelasinya dengan otak.

Masih banyak lagi manfaat yang belum dituliskan, yang berkaiatan dengan menulis akan sangat baik untuk  kesehatan, baik secara jasmani maupun rohani. Oleh sebab itu, nantikan artikel yang selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar