Rabu, 18 Februari 2015

CARA MENGHILANGKAN RASA TAKUT PADA PUBLIC SPEAKING



Sedikit cerita masalalu saya merupakan orang yang sangat demam panggung. Hanya saja setiap manusia memiliki antusiasme untuk menutupi kekurangan, dengan cara terus berlatih dan terus mencoba. Sempat beberapa kali saya berlatih diatas panggung, entah itu menjadi performer, moderator ataupun pengisi materi.  Awal serasa gugup dan tegang, namun lambat kali berlatih akhirnya terbiasa. 

Terkadang banyak hal yang memang lumrah bagi para pemula untuk merasa takut dan nerfies, bahkan presiden amerikapun, Ronald Reagan pernah merasakan hal demikian. Seharusnya, Ketakutan tersebut bukanlah hal yang menjadi masalah, tapi jelas kalau memang nyatanya orang pintar, pasti bisa merubah masalah menjadi suatu peluang. 

Ketakutan atau demam panggung bisa saja hilang dalam sekejap apabila seseorang telah memilki tujuan yang tetap. Dengan adanya tujuan tersebut maka akan menumbuh kembangkan rasa kepercayaan diri yang kuat dan kokoh. banyak orang yang mengira kepercayaan diri merupakan hal yang biasa. Namun, survai membuktikan bahwa walau hanya dengan bermodalkan kepercayaan diri itulah, mampu menumbangkan orang � orang cerdas dan terkuat. Anda Pingin bukti ? laksanakan intruksi saya.

Setiap manusia memiliki sebuah keputusan atau resolusi yang harus dibuat dalam mencapai sebuah tujuan. Hal Ini merupan salah satu unsur  dasar untuk menghilangkan rasa takut atau demam panggung. Resolusi ini adalah kata yang cocok untuk menggambarkan sebuah tujuan, entah tujuan jangka pendek, atau jangka panjang.

Untuk bisa memastikan resolusi yang tepat dalam pencapaian sebuah tujuan, adalah dengan cara ambil secarik kertas, kemudian buatlah skematika berikut :

No
Pikiran Negatif
Tindak Lanjut
1.
Saya takut lupa pesan saya
Tuliskan poin � poin utama dalam secarik kertas yang bisa anda baca pada saat anda blank [kosong]
2.
Saya tidak siap, tidak dalam keadaan mendukung
Lakukan sebuah riset, sampai benar � benar puas, sampai benar � benar paham betul cara dan metode �metodenya.
3.
Apakah saya mampu mengangkat dan mencairkan suasana
Cari data � data audiens yang menjadi kebutuhan. Kemudian cobalah untuk terjun langsung kedalam medan acara. Percaya diri
4.
Apakah materi yang akan saya bawakan cocok dengan tema pidato saya
Kuncinya ada pada audiens tema dan judul dalam acara. Kuasai apa yag menjadi kebutuhan audiens.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar