Sabtu, 14 Februari 2015

PUBLIC SPEAKING MERUPAKAN SENI DARI SEMUA ILMU


      
     Salah satu Ilmu yang luar biasa yang mampu menggoncangkan dunia adalah public speaking. Serasa hal yang menjadi bahan lelucon untuk didengar dan dipelajari. Namun, memang real keadaannya, dengan adanya kekuatan public speaking inilah yang mampu merubah paradigmanya seseorang. Ilmu public speaking bukanlah ilmu yang hanya mempelajari sebuah seni dalam berbicara, melainkan sebuah ilmu yang menggabungkan sebuah pengalaman, kemampuan dasar dan seni.

Seseorang yang memiliki kemampuan public speaking, sangat � sangatlah dekat dengan adanya kesuksesan. Karena, kemampuan inilah yang menjadi penghantar informasi, menghibur dan mampu mempengaruhi setiap orang yang diajak bicara (audience). Ilmu pengetahuan merupakan landasan utama yang harus dijadikan sebagai referensi dalam praktinya seseorang untuk menjadi pembicara.

Kemampuan Public speaking haruslah terus dilatih dan dipupuk agar terus berkembang metode dan aksi nyatanya pada saat tampil didepan publik. Perbanyak wacana yang terus terhubung dengan relevansinya kehidupan merupakan kunci untuk mendapatkan kemampuan speaking tersebut. Namun, untuk menguasai kemampuan atau ilmu tersebut, haruslah ada yang menjadi patokan utama dalam ranah aksinya didepan public, yaitu  emosianal, moralitas, intelektualitas. 

Untuk menguasai sepenuhnya dalam ranah ilmu public speaking,  haruslah dilalui proses yang panjang. Tidaklah instan seperti apa yang ada dalam pikiran. Tentunya harus disertai kesabaran, ketekunan dan bentuk usaha yang nyata dalam proses belajar dan mengajar. 

Bentuk nyata dari ilmu public speaking sebenarnya haruslah dinamis, karena melihat dari basic pendengar yang berbeda � beda latar belakangnya. Demikianlah proses globalisasi, bukan zamanlah yang harus mengikuti kita, tapi kitalah yang harus mengikuti zaman kecuali agama. Karena agama sifatnya adalah statis atau tetap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar