Senin, 22 Februari 2016

Fungsi Bahasa Secara Umum


Fungsi Bahasa Secara Umum

          


  Menurut Gorys Keraf (1997), bila ditinjau dalam sejarah pertumbuhan bahasa sejak awal hingga sekarang, maka fungsi bahasa dapat diturunkan dari motif pertumbuhan bahasa itu sendiri. Motif dan dasar bahasa yang dimaksud, dalam garis besarya adalah bahwa bahasa sebagai alat komunikasi, sebagai alat untuk berintegrasi, mengekspresikan diri dan kontrol sosial. 



Bahasa sebagai alat untuk ekpresi diri

Mengekspresikan diri, berarti menyatakan semua yang menjadi kebutuhan diri, entah yang menjadi kebutuhan primer atau sekunder. Selain itu, mengekpresikan diri memiliki 2 motif, yaitu non verbar dan verbal. Non verbal yakni dia mengekpresikan diri dengan bahasa tubuh, yang minoritas dari beberapa orang bisa memahami. Sedangkan bahasa verbal sendiri, ekpresi yang dilakukan dengan cara terucap, tersirat ataupun tersurat. 

Mengekpresikan diri, berarti siap untuk dikenal dan siap untuk terjun pada masyarakat yang kekinian. Selain itu, mengekpresikan diripun harus disesuaikan dengan mood atau kondisi psikologi yang dirasa. Entah dalam rasa  sedih, suka, duka, tangis dan tawa. Motif dalam mengekpresikan diri, dapat dinyatakan dalam bentuk tulisan, gambar, music dan lain sebagainya.

Bahasa Untuk Alat Komunikasi

Tukar fikir manusia, semua bermula pada bahasa. Dengan bahasa, maka orang yang mendengar, merasakan dan melihat akan merespon ungkapan yang diberikan pada sipemberi ekpresi. Bertukar fikirnya manusia dengan bahasa, sehingga munculah sebuah dialog � dialog agar mampu untuk saling memahami bentuk ungkapan yang diberikan. Peradaban yang maju, entah dalam konteks pendidikan, ekonomi, sumber daya manusia pastinya semua bermula pada bahasa.    

Bahasa Untuk Mengadakan Integrasi Dan Adaptasi Sosial.


Setiap manusia, pasti akan berpindah dari satu tempat ketempat yang lain. Dan pasti akan menemui ragam manusia yang berbeda entah dari watak, karakter dan kelompoknya. Agar masing � masing individu, atau suatu  kelompok dapat bertahan hidup, tentu dibutuhkan suatu komunikasi, agar nantinya dapat adaptasi dengan sesamanya.    


    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar