Sabtu, 20 Agustus 2016

Mendesain Rumah Sederhana dengan Google SketchUp

 SketchUPTutorial yang menarik, dengan software yang sangat luar biasa, yang mampu membuat dan mengkonsep sebuah bangunan untuk di aplikasikan kedalam dunia nyata, yakni Shetchup.  Cara penggunaan tidaklah sesulit yang dibanyangkan. Hanya saja, kita butuh untuk mengenal tool - tools yang ada pada Shechup tersebut.

Dan sebagai permulaan dalam pengenalan software ini, penulis akan memberikan satu contoh yang menarik, cara membuat rumah sederhana dengan Shetchup. Dan untuk aplikasi yang hendak akan kita gunakan ini, juga memiliki beberapa versi, dari versi yang terlama hingga yang terbaru. Hanya saja, dalam artikel ini saya akan menggunakan Shetchup 8.
  •          Yang paling utama, Anda download terlebih dahulu, aplikasi yang akan dipakai pada situs berikut  http://www.sketchup.com
  •          Kemudian install aplikasi tersebut, dengan procedur yang telah di jelaskan pada pemberitahuan. Yang jelas, untuk menginstall aplikasi tersebut tidaklah sesulit yang dibayangkan, dan bahasa yang lebih tepat hanya tinggal next dan next. tinggal tunggu, dan selesai.
  •          Setelah ter install, maka Anda harus membuka aplikasi tersebut dengan cara Klik menu Start, kemudian klik Shechup yang Anda tunggu.  menu start

         Maka akan muncul ilustrasi berikut 
SketchUP

        
          Dan Anda klik button yang bertuliskan "start using shetchup" maka Anda siap untuk memulai mengkonsep rumah sederhana yang ditunggu - tunggu. 

         Langsung saja Anda untuk meng klik menu "Rectangle" dekat dengan menu view. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini. 
 SketchUP


         dan buatlah sebuah kotak yang berbentuk balok, dan ini adalah sebuah bangunan luar rumah yang akan dibuat. 
 SketchUP


         untuk mengganti posisi, agar Anda dapat melihat sisi dinding - dinding yang lain, cukup Anda klik menu "Orbit". Bisa Anda lihat pada gambar berikut 
 SketchUP

        
         Kemudian, buat sebuah persegi empat pada sisi atas bangunan tersebut. untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut. Dan tarik bangunan persegi empat tersebut dengan menu "push/pull" .
 SketchUP

         
         After that, kita akan membuat bagian atap rumah sederhana tersebut. Tarik sisi yang terbawah pada balok yang Anda buat. Untuk lebih jelasnya, ikuti gambar dibawah ini. .
 SketchUP

          Dan jangan lupa, bila memang dibagian atap rumah masih belum rapi, maka bisa Anda rapikan dengan menu Move.
         Kemudian kita buat garis lurus untuk lebih memperindah dan memperjelas bagian atap, dengan menu line. Dan jangan lupa, bukan hanya satu sisi, melainkan sisi yang disebelahnya juga. 
         
 SketchUP

         
 SketchUP

         Warnai bagian atap dengan menu "Paint Bucket" => Roofing. 

 SketchUP

         Dalam menu paint Bucket ini terdapat banyak sekali material yang dapat digunakan untuk mengkonsep sebuah bangunan. Untuk lebih lebih jelasnya,  Anda dapat lakukan analisis sendiri.
         Dan yang paling akhir adalah proses pembuatan jendela dan pintu yang instan, dengan kata lain, memang sudah disiapkan dalam aplikasi tersebut. Anda klik menu windows => Component, maka muncul gambar berikut. Dan Anda dapat memilih component untuk melengkapi bangunan tersebut.

        
 SketchUP

         Dan jadilah bangunan sederhana, yang dinanti - nanti. (gambar terakhir).
 SketchUP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar